Beberapa Tips Efektif Membeli Furniture Bekas

Seringkali kamu harus memutar otak ketika akan mengisi interior rumah dikarenakan memiliki anggaran yang minim. Biasanya pengeluaran untuk membeli furniture ini adalah yang paling banyak menyerap anggaran. Sehingga menyebabkan tidak sedikit orang yang beralih menggunakan alternatif lainnya seperti membeli furniture bekas daripada furniture baru. Furniture bekas atau secondhand furniture ini bisa menjadi salah satu solusi untuk menghemat atau mengoptimalkan anggaran yang terbatas. 

Meski furniture bekas tidak tampil dalam kondisi prima tetapi kebanyakan furniture bekas ini memiliki kualitas yang hampir sama dengan furniture baru. Meski begitu ketika membeli furniture bekas ini dibutuhkannya kejelian dan kecermatan. Karena adanya furniture bekas yang terlihat memiliki penampilan sempurna, tetapi tanpa disadari akan ditemukannya cacat pada beberapa titiknya sehingga menyebabkan nilai fungsinya berubah. 

Akan tersitanya banyak waktu dan pertimbangan dikarenakan keterbatasan pilihan dan pengecekan kondisi fisik furniture bekas secara spesifik dan detail. Dan akan semakin banyak memakan waktu dan berujung merugikan ketika tidak adanya panduan yang efektif didalam proses belanja furniture bekas. Supaya terhindar dari kondisi yang seperti itu, maka adanya beberapa tips efektif membeli furniture bekas seperti dibawah ini :

Memeriksa Kualitas Furniture Bekas

Meski yang akan dibeli itu adalah furniture bekas, tetapi tetapkanlah standar yang sama seperti ketika kamu akan membeli furniture baru. Terlepas barang yang akan dibeli itu adalah barang bekas, bagaimanapun furniture bekas tersebut merupakan investasi jangka panjang, oleh karena itu sangat penting faktor ketahanan material dan kenyamanan fungsinya. 

Harus Berhati Hati Dengan Kondisi Furniture Bekas

Ketika akan membeli furniture bekas maka bukan berarti tidak dibutuhkannya persiapan, karena seringkali terjadinya adanya kerusakan pada furniture bekas yang tidak dapat dihindari. Jika memang adanya kerusakan pada furniture bekas yang hendak dibeli, maka cobalah kamu perhatikan seberapa parah kerusakannya. 

Tetap Memperketat Anggaranmu 

Cobalah kamu catat jenis furniture apa saja yang memang memang diperlukan untuk mengisi interior rumah. Kemungkinannya harga jual furniture bekas ini akan jauh lebih murah daripada furniture baru, tetapi bukan berarti kamu harus jadi mudah tergiur hingga membuat keluarnya uang secara Cuma Cuma. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhannya yang akan membuat cepatnya proses belanja furniture bekas. 

Memoles Furniture Bekas Supaya Kembali Baru

Tidak ada salahnya kan furniture bekas yang telah diberi sedikit sentuhan baru, terlebih untuk furniture bekas yang semakin memudar warnanya. Cobalah furniture bekas yang telah dibeli itu diberi sentuhan refinishing, varnish, ataupun pengecatan ulang, dengan melakukan itu maka furniture bekas yang telah diberi akan memiliki tampilan yang sama memikatnya dengan furniture baru. Jika yang dibeli itu sofa bekas, maka cobalah bahan sofanya dibersihkan atau diganti, lalu sesuaikan motifnya dengan perpaduan warna di ruangan.

Mengkombinasikan Furniture Bekas Dengan Furniture Baru 

Memang furniture bekas sangat lekat dengan kesan vintage, sehingga tidak heran jika banyaknya orang yang sengaja menggunakan furniture bekas ini untuk menciptakan interior dengan nuansa vintage. Tetapi kesan usang yang dihadirkan dari gaya vintage ini bisa menyebabkan ruangan terkesan terlalu suram dan kaku. 

Dengan mengikuti beberapa tips efektif membeli furniture bekas diatas, maka mulai dari saat ini kamu tidak perlu lagi ragu ketika akan membeli furniture bekas untuk mengisi hunianmu. Karena dengan memilih furniture bekas yang tepat dan memberikan sentuhan yang menarik sedikit saja, maka ruangan di rumah kamu bisa memilki penampilan yang cantik dan sefungsional ruangan yang diisi dengan furniture baru.

Leave a Reply